Jumat, 15 Januari 2016

Makalah Teknik dan Sistematika penulisan makalah yang baik


TEKNIK DAN SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR UNTUK MAHASISWA
MAKALAH
Untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa Indonesia

Disusun Oleh :
1.  Af’idatus Shofiyah
2.  Alif Alfiyan
3.  Heru Catur Yoga
4.  Nadia Wahyu Efendi
5.  Ni’matul Khoiriyah
6.  Nur Laila Ika Safitri


Dosen Pembimbing :
Khumaidi Abdillah M. Pd.


Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH
SIMAN SEKARAN LAMONGAN
DESEMBER 2015
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.  Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami limpahan rahmat sehingga  kami mampu menyelesaikan makalah tentang “TEKNIK DAN SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR UNTUK MAHASISWA” ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia dengan baik.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang yakni agama islam.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Drs.H. Malik Zuhri,S.Pd. MMPd. Selaku ketua STIT AL-FATTAH
2.      Bapak Khumaidi Abdillah M. Pd. selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
3.      Orang tua kami yang telah membantu baik secara moril maupun materi
4.      Teman-teman satu kelompok yang  telah bekerja sama dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini disusun dengan tujuan pertama memahami dan mendalami tentang pedoman dan teknik penulisan makalah yang baik dan benar.  Kedua memenuhi tugas diskusi dan pembuatan makalah secara kelompok. Adapun manfaat makalah ini adalah sebagai wahana pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia agar dapat dipelajari oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi khususnya jurusan Pendidikan Guru Madrasah  Ibtidaiyah.
Kami menyadari  bahwa makalah yang kami susun ini masih jauh dari sempurna, karena itulah kritik dan saran yang membangun dari dosen dan teman-teman sangat kami harapkan.
Siman, 29 November 2015

Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .........................................................................................................  i
KATA PENGANTAR ......................................................................................................  ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................................  iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.2  Rumusan Masalah................................................................................................... 2
1.3  Tujuan.................................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Makalah................................................................................................. 3
2.2  Karakteristik Sebuah Makalah................................................................................ 3
2.3  Kerangka Makalah................................................................................................. 4
2.4  Teknik Penulisan Makalah....................................................................................... 4
2.5  Sistematika penulisan Makalah................................................................................ 5
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan............................................................................................................. 8
3.2  Saran .....................................................................................................................  8
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................  9



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebagai bagian dari implementasi terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa, selain diwajibkan mengikuti proses pendidikan dan pengabdian terhadap masyarakat, juga dituntut untuk melakukan penelitian.
Pembuatan makalah merupakan suatu hal yang tidak asing lagi dikalangan mahasiswa yang sedang menempuh kuliah. Pada dasarnya memang banyak tugas kuliah yang menjadi beban bagi mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan tugas-tugas yang selalu muncul pada setiap mata kuliah adalah membuat makalah.  Kegiatan “Membuat Makalah” merupakan salah satu dari beberapa bentuk ekspresi mahasiswa dalam upaya melestarikan tradisi intelektual akademik. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang mengeluh jika “Membuat Makalah” itu sulit, ribet, banyak aturan, dan masih banyak alasan lain yang sebenarnya bisa kita carikan solusinya.
Makalah merupakan salah satu jenis dari karya ilmiah atau karangan ilmiah. Artinya, sebagai karangan ilmiah, makalah memiliki sifat obyektif, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Oleh sebab itu penulisan makalah harus sesuai aturan-aturan yang berlaku dan harus memenuhi ketentuan-ketentuan dalam penyusunan sebuah makalah.
Banyaknya aturan-aturan yang ada dalam pembuatan makalah, kadang membuat seorang mahasiswa merasa kesulitan dalam pembuatan makalah. Ada juga yang membuat makalah hanya sebagai unsur keterlibatan saja, yang artinya membuat makalah hanya asal-asalan saja yang penting mengumpulkan karya tulis. Hal tersebut sangat tidak patut dilakukan oleh mahasiswa sebagai kaum terpelajar. Oleh karena itu, hal seperti itu harus segera diminimalisir agar tidak menjadi kebiasaan seorang mahasiswa.
Dalam pembuatan makalah, biasanya setiap lembaga pendidikan menggunakan metode tertentu, dengan kata lain syarat dan ketentuan dalam pembuatan makalah tidak sama persis antara satu lembaga dengan yang lainnya, walaupun mungkin ada kemiripan. Namun secara garis besar pembuatan makalah itu sama, jadi tidak perlu merasa bingung akan kerangka dan teknik penulisan makalah, karena secara garis besar kerangka penulisan makalah itu sama, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku saat ini.
1.2  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.         Bagaimana pengertian makalah?
2.         Bagaimana karakteristik sebuah makalah?
3.         Bagaimana kerangka penulisan sebuah makalah?
4.         Bagaimana teknik penulisan sebuah makalah?
5.         Bagaimana sistematika penulisan sebuah makalah?
1.3  Tujuan
1.         Untuk mengetahui dan memahami pengertian dari makalah.
2.         Untuk memahami karakteristik sebuah makalah.
3.         Untuk memahami kerangka, teknik serta sistematika penulisan sebuah makalah.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Makalah
Menurut KBBI makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan;  karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi
Menurut Anwar Hasnun sebagaimana dikutip oleh Didik Komaidi, Makalah merupakan karya ilmiah, tetapi lebih khusus bila dibandingkan dengan karya tulis lainnya. Makalah lebih memfokuskan pada karya tulis yang dibacakan di muka umum seperti dalam bentuk diskusi kelas, diskusi kelompok, seminar, atau lokakarya. Meskipun sama-sama karya tulis ilmiah, jika dilihat dari tujuan pembuatannya, terdapat perbedaan yang mendasar antara makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi. Skripsi merupakan karya tulis yang dibuat sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Strata 1, sebagaimana tesis untuk S2 dan disertasi untuk S3. Sedangkan persamaannya ialah sama-sama hasil pikiran, hasil pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu, yang disusun menurut metode tertentu berdasarkan pengamatan, secara sistematis dan terarah.
Jadi makalah merupakan laporan tertulis yang di terbitkan untuk memberikan gambaran dari hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok dengan etika atau kaidah keilmuan yang telah ditetapkan dalam penyusunan sebuah makalah.
2.2  Karakteritik sebuah makalah
Makalah mahasiswa yang di maksudkan dalam hal ini memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.         Diangkat dari suatu kajian literatur atau laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.
2.         Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah.
3.         Memperlihatkan kemampuan mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang di kaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang  berhubungan dengan perkuliahan.
4.         Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi dari sumber-sumber yang di gunakan.
5.         Menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam merangkai berbagai sumber informasi sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh.
2.3  Kerangka Makalah
Secara garis besar makalah terdiri atas tiga bagian,yaitu bagian awal, bagian inti,dan bagian akhir. Isi ke tiga bagian tersebut di paparkan sebagai berikut:
1.         Bagian awal terdiri dari:
Halaman sampul
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar tabel dan gambar (jika ada).
2.         Bagian inti terdiri dari:
Bab I Pendahuluan (latar belakang,rumusan masalah dan tujuan  penulisan).
Bab II Pembahasan
Bab III Penutup (kesimpulan dan saran)
3.         Bagian akhir terdiri dari:
Daftar pustaka
Lampiran (jika ada)
2.4  Teknik penulisan makalah
Secara umum, sebuah makalah harus bersifat:
1.           Logis, artinya keterangan , uraian, pandangan, dan pendapat dapat dikaji, dibuktikan, dan diterima rasio atau akal sehat.
2.           Obyektif, artinya mengemukakan keterangan dan penjelasan apa adanya, tidak memihak, tidak berlebihan, dan sejenisnya.
3.           Sistematis, yakni apa yang disampaikan, disusun atau ditulis secara runtut dan berkesinambungan, ada kaitan antara awal hingga akhir.
4.           Jelas, maksudnya keterangan, pendapat, dan pandangan yang dikemukakan jelas, dan tidak membingungkan, lugas, tidak bertele-tele.
5.           Kebenarannya dapat diuji. Artinya, penyataan, pandangan serta keterangan yang dipaparkan dapat diuji, berdasarkan kenyataan yang sesungguhnya.
Adapun teknik / langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam penulisan makalah adalah sebagai berikut:
1.      Menentukan dan menganalisa topik makalah.
2.      Menyusun pola pikir, meliputi
a.       Pokok masalah dalam makalah
b.      Menentukan tujuan dan ruang lingkup
3.      Mengumpulkan bahan-bahan materi (Referensi)
4.      Menulis / menyusun makalah
a.       Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
b.      Susunan kalimat yang mudah dipahami
c.       Rangkaian uraian yang berkaitan
5.      Mengoreksi dan menyunting
6.      Merefisi
Tahapan-tahapan proses pembuatan makalah di atas, hanya sebagai acuan dan tidak bersifat tetap, sehingga bisa saja kita mengambil langkah lain yang menurut kita lebih efektif.
2.5  Sistematika penulisan makalah
Untuk mendukung terhadap penyusunan makalah yang baik, sederhana dan mudah namun tidak melupakan ketentuan-ketentuan yang berlaku, maka makalah dapat disesuaikan dengan sistematika sebagai berikut:
1.                  Halaman sampul (Cover)
Kerangka utama pada sampul makalah umumnya berisi:
-         Judul makalah ( menggambarkan isi tulisan )
-         Tujuan pembuatan sebuah makalah
-         Nama penulis
-         Logo lembaga / Institusi
-         Nama lembaga/ Universitas, beserta alamat
-         Tahun akademik
2.                  Kata pengantar
Kata pengantar berisi gambaran umum pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai.
Dalam kata pengantar diuraikan alasan dan tujuan (secara singkat), ucapan terima kasih kepada pembimbing dan pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian serta tempat, tanggal, bulan, tahun penyusunan laporan.
3.                  Daftar isi
Daftar yang menggambarkan keseluruhan isi pokok laporan dengan mencantumkan secara jelas urutan bab dan sub bab beserta halaman tempat bab atau subbab tersebut berada, dan mencantumkan seluruh lampiran yang ada dengan nomor halaman masing-masing dimulai dari kata pengantar s.d. lampiran-lampiran.
4.                  Bab I Pendahuluan
a.       Latar belakang
Latar belakang berisi deskripsi tentang fenomena/informasi yang berhubungan dengan topik (latar belakang empiris) dan hasil telaah pustaka yang relevan dengan penelitian (latar belakang teoritis)
b.      Rumusan masalah / Ruang lingkup
Masalah dirumuskan dalam bentuk kalimat Tanya yang meliputi penjelasan istilah dan kadalaman ilmu/area pembahasan.
c.       Tujuan
Tujuan meliputi antara lain hal-hal di bawah ini.
-         usaha pokok yang akan dilakukan
-         tujuan yang ingin dicapai (umum dan khusus atau tujuan ilmiah dan praktis)
-         ungkapan tentang rencana hasil yang akan diperoleh

5.                  Bab II Pembahasan
Pembahasan makalah merupakan hasil reaksi penulis makalah terhadap tinjauan teoretis yang disusunnya dan merupakan karya penulis makalah bukan hasil menyontek dari sumber lain.
Pembahasan sebuah makalah dapat berupa analisis, uraian, deskripsi, atau aplikasi atas kajian teoretis sebelumnya atau dapat berupa dukungan dan sangkalan terhadap kajian sebelumnya.
6.                  Bab III Penutup
a.       Kesimpulan
Memuat penafsiran atau pemaknaan secara menyeluruh terhadap isi. kesimpulan bukanlah rangkuman, melainkan berupa jawaban yang mendasar atas masalah yang diajukan pada bab sebelumnya. Kesimpulan juga harus sejalan dengan masalah dan tujuan makalah yang ditetapkan.
Teknik penulisan kesimpulan dapat dilakukan melalui dua bentuk yakni (1) bentuk butir demi butir dan (2) bentuk esai padat.
b.      Saran
Saran merupakan bentuk tindak lanjut dari penulis makalah atas temuan yang telah dibahas sebelumnya dan harus selalu berhubungan dengan isi makalah. Saran dapat ditujukan bagi para pembuat kebijakan, pengguna makalah, atau kepada penulis makalah selanjutnya.
7.                  Daftar pustaka / daftar rujukan
Daftar yang memuat beragam sumber informasi (buku, jurnal, majalah, surat kabar, makalah sebelumnya, skripsi, tesis) yang digunakan sebagai pustaka acuan dalam membuat makalah.
Daftar pustaka ditulis secara berurutan dan alfabetis (tanpa nomor).
Sumber tertulis/ tercetak yang membutuhkan tempat lebih satu baris, ditulis dengan jarak antarbaris satu spasi, sedangkan jarak antara sumber-sumber tertulis yang saling berurutan adalah dua spasi.


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dari masalah yang di bahas di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa pembuatan makalah harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku karena makalah merupakan suatu karya tulis ilmiah. Oleh karena itu pembuatan kerangka makalah harus di perhatikan dengan seksama mulai dai pembuatan judul sampai dengan daftar pustaka.
Makalah yang bagus harus memenuhi semua sifat-sifat dari penulisan karya tulis ilmiah seperti memiliki sifat obyektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.
3.2  Saran
Dalam membuat makalah yang baik seorang penulis harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku yang memenuhi dari sifat-sifat sebuah karya tulis ilmiah berupa makalah seperti yang di sebutkan di atas.
Untuk membuat makalah yang baik, penulis selain harus memperhatikan kerangka makalah yang harus benar, tetapi juga penulis harus memperhatikan apa yang akan di tuliskan dalam makalahnya agar makalah tersebut dapat bermanfaat bagi penulis dan pembacanya.


DAFTAR PUSTAKA
Kusmayadi,Ismail. 2007. Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Muffaidah Alfi. 2012. Kerangka Pembuatan Makalah (http://wahyudiwisubhanallah.blogspot.com/2013/05/kerangka-pembuatan-makalah.html. Diakses pada tanggal 29 november 2015)
Rino Doni. 2013. Teknik Penulisan Makalah (http://narutocf35.blogspot.co.id/2013/03/teknik-penulisan-makalah.html. Diakses pada tanggal 25 November 2015 )
Saefudin Ahmad. 2010. Teknik Penulisan Makalah (https://teraskita.wordpress.com/2010/10/27/teknik-pembuatan-makalah/. diakses pada tanggal 25 November 2015)


1 komentar:

  1. Playtech unveils 'Casino - JamBase
    Playtech 경주 출장안마 has unveiled the 전주 출장마사지 new “Casino” slot, 제천 출장마사지 which features a 영천 출장마사지 wild, high-volatility bonus, as 서울특별 출장마사지 part of their partnership with Betsson.

    BalasHapus